Pelatihan Sertifikasi Keahlian Profesi “Sistem Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Berbasis Casemix”

Semarang – Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah suatu program pemerintah dengan tujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia agar dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera. Dalam pelaksanaan program JKN ini proses klaim pembayarannya menggunakan sistem Casemix Indonesia Case Based Groups (INA-CBGs).

Dalam era JKN, salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yaitu dengan meningkatkan keterampilan koder dalam pengkodean diagnosis dan tindakan medis berdasarkan ICD-10 dan ICD-9 CM. Perekam Medis dan Informasi Kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam pembiayaan casemix yaitu meliputi keterampilan analisa dokumen rekam medis secara kuantitatif dan kualitatif, pengkodean, melakukan grouping INA-CBGs serta analisa dan pelaporan hasil grouping INA-CBGs.

Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya tenaga kesehatan terutama tenaga kesehatan rekam medis dan informasi kesehatan adalah melalui pelatihan. Sebagai penyelenggara pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), Jurusan RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang memberikan sertifikasi keahlian pelatihan pengelolaan sistem pembiayaan pelayanan kesehatan berbasis casemix.

Sertifikasi pelatihan pengelolaan sistem pembiayaan pelayanan kesehatan berbasis casemix dikemas dalam bentuk pelatihan teori maupun praktek yang disesuaikan dengan materi pelatihan dengan jumlah 45 JPL. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir (SMT 6) sebanyak 148 mahasiswa secara luring di Aula Lantai 4 Gedung Jurusan RMIK.

Pelatihan Pengelolaan sistem pembiayaan pelayananan kesehatan berbasis casemix mengundang narasumber – narasumber yang ahli di pembiayaan kesehatan, yaitu :
1. dr. Erwinsyah (BPJS Kesehatan)
2. Gandi Agusniadi, BBA, SE (Pusat Kebijakan dan Desentralisasi Kesehatan)
3. Teguh Redy Senjaya, A.Md.PK, S.St.RMIK (Pusat Kebijakan dan Desentralisasi Kesehatan)
4. Siti Nurlaela, A.Md.PK, S.St (Pusat Kebijakan dan Desentralisasi Kesehatan)
5. drg. Doni Arianto, MKM (Pusat Kebijakan dan Desentralisasi Kesehatan)
6. Elise Garmelia, SKM, S.Sos, M.Si. Ph.D (Dosen Jurusan RMIK)
7. Sugiharto, SKM, MH, M.K.M (Kepala Instalasi Rekam Medis RSUP Dr. Kariadi Semarang)
8. Roni Rohman, A.Md.PK (Kepala Instalasi Rekam Medis RSUD Tugurejo Semarang)
9. Martin Eko Setiawan, S.Kom (Tim INACBGs RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang)
10. Dwi Setyoningsih, A.Md.PK, SKM (Tim Casemix RSUP Dr. Kariadi Semarang)
11. Listiyawati, A.Md.PK (Tim Casemix RSUP Dr. Kariadi Semarang)