Pada tanggal 30 Desember 2024, Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Semarang telah menyelenggarakan kegiatan Academic Peer Review yang bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Proses Belajar Mengajar (PBM) pada Tahun Ajaran 2024/2025 Ganjil, serta perencanaan PBM untuk Tahun Ajaran 2024/2025 Genap.
Kegiatan Academic Peer Review ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu dengan perpaduan antara kegiatan daring (online) dan luring (tatap muka). Sesi daring dilakukan melalui platform Zoom untuk memungkinkan partisipasi dari berbagai pihak yang tidak dapat hadir secara langsung. Sementara itu, kegiatan luring berlangsung di Aula Lantai 4 Gedung Jurusan RMIK, yang menyediakan fasilitas bagi peserta yang hadir langsung untuk berdiskusi, berbagi ide, dan melakukan evaluasi bersama.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Semarang, Bapak Dr. Bedjo Santoso, S.SiT, M.Kes, yang mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Bedjo Santoso menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap upaya bersama dalam merencanakan dan mengevaluasi PBM yang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan industri kesehatan.
Kegiatan Academic Peer Review ini meliputi beberapa agenda penting, di antaranya:
1. Presentasi Laporan Monitoring PBM Tahun Ajaran 2024/2025 Ganjil
2. Diskusi dan Analisis Temuan
3. Perencanaan PBM Tahun Ajaran 2024/2025 Genap
Kegiatan Academic Peer Review ini melibatkan seluruh jajaran dosen dan tenaga pengajar di Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, serta pihak-pihak yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan dan pengelolaan kurikulum. Diskusi yang berlangsung dalam kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya perspektif dalam merencanakan pembelajaran yang lebih inovatif dan tepat sasaran.
Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konstruktif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Prodi RMIK, serta mempersiapkan langkah-langkah perbaikan jika ditemukan kekurangan dalam proses pembelajaran sebelumnya.