Program Pengabdian Masyarakat Desa Binaan

SEMARANG –  Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Poltekkes Kemenkes Semarang telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Binaan yaitu Kelurahan Jabungan, Banyumanik, Semarang pada hari Rabu, 17 Juli 2024.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya melibatkan segenap civitas akademika Jurusan RMIK (dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa). Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh perangkat desa serta masyarakat kelurahan Jabungan.

Rangkaian kegiatan dari Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan senam pagi bersama, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan meliputi cek gula darah dan tekanan darah, serta sosialisasi pendidikan kesehatan yang meliputi :

1. Sosialisasi peningkatan literasi kesehatan digital satu sehat mobile
2. Sosialisasi upaya pencegahan penyakit tidak menular melalui peningkatan literasi kesehatan
3. Pendampingan pengelolaan data kesehatan digital melalui Aplikasi ASIK Kemenkes bagi kader
4. Pembinaan terpadu kader kesehatan terhadap perilaku pencegahan tersier pasien hipertensi
5. Pemberdayaan kader dalam penemuan suspek TB Paru

Kegiatan yang berlangsung hingga sore ini disambut positif oleh warga sekitar termasuk Lurah Kelurahan Jabungan. Mereka sangat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh Narasumber. Dalam kesempatan ini Ketua Jurusan RMIK mengatakan kegiatan-kegiatan pengabdian seperti ini akan terus dilakukan oleh Jurusan RMIK sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.