Kompas POLKESMAR Gagas Pendidikan Antikorupsi di Lingkungan Kampus

Semarang – Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Campus Integrity Festival (CIFest) KPK 2023. Tujuan kegiatan CIFest adalah meningkatkan kapasitas dan partisipasi aktif mahasiswa dalam mengembangkan program yang bersifat kreatif, inovatif dan implementatif untuk membangun dan memelihara nilai-nilai integritas.

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang yang diketuai oleh Ghitrif Firdaus Trama membuat inovasi suatu komunitas mahasiswa penegak integritas kampus atau dikenal dengan KOMPAS POLKESMAR.

Melalui KOMPAS POLKESMAR, yang diwakili oleh 5 mahasiswa asal Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan diantaranya Ghitrif Firdaus Trama, Ananda Wahyu Muncarsari, Aprilia Setyaningrum, Diana Nofita, dan Rahmawati Ramadhani terus berusaha memberikan manfaat bagi setiap individu termasuk mahasiswa dalam menanamkan integritas dilingkungan kampus Poltekkes Kemenkes Semarang.

KOMPAS POLKESMAR memiliki beberapa program yang nantinya akan diimplementasikan, yaitu :
1. Pembentukan duta antikorupsi (merangkul Polkesmar Ambassador)
2. Pembekalan dan workshop kepada kader tentang pendidikan antikorupsi untuk penguatan antifraud berupa penolakan mark-up
3. Polkesmar Ambassador mengajak mahasiswa untuk menolak mark-up dengan metode peer education.

Serta beberapa program lainnya seperti lomba tentang infografis, senam peningkatan integritas, serta tanda tangan massal “Aksi Tolak Mark Up“. Kegiatan ini dikemas dengan nama “Penguatan Integritas Aksi Tolak Mark Up” dan mengusung tema “Be a Integrity Student, Fight Mark Up

Jangkauan kegiatan program ini yaitu Kampus 1 dan 3 Poltekkes Kemenkes Semarang serta peserta program yaitu :
1. 16 anggota Polkesmar Ambassador di Kampus 1 dan 3,
2. 100 mahasiswa setiap jurusan di kampus pusat (8 jurusan) dengan total 800 mahasiswa

Alhamdulillah, tim KOMPAS POLKESMAR berhasil lolos dalam pendanaan Campus Integrity Festival (CIFest)

Tahapan Alur dalam mengikuti program CIFest KPK 2023 diantaranya :