Penganugerahan Juara 3 Mawapres Tingkat Nasional oleh Wakil Menteri Kesehatan

Shelma Atira Dewi, mahasiswa berprestasi Poltekkes Kemenkes Semarang terpilih menjadi Juara 3 pada pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional (Poltekkes Kemenkes) tahun 2023. Penganugerahan disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan didampingi Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan. Pengumuman dan penganugerahan dilaksanakan di Jakarta (Rabu, 16 Agustus 2023).

Shelma merupakan mahasiswa aktif yang saat ini menempuh pendidikan semester 5 Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Semarang. Karya ilmiah yang mengantarkannya menjadi juara 3 berjudul: “Transformasi Visual Melalui Smartbook Remaja Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Gerakan Konsumsi Pangan Sehat Menuju Generasi Emas 2045”.

Ia terpilih sebagai mahasiswa berprestasi di tingkat Nasional setelah melewati serangkaian proses seleksi yang sangat panjang dan bersaing dengan 8 pesaing lainnya di tingkat Poltekkes Kemenkes Semarang serta 38 pesaing lainnya di tingkat Nasional. Proses seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Mawapres), meliputi :

  1. Seleksi di Tingkat Poltekkes Kemenkes Semarang
    a. Seleksi Tahap Awal meliputi persyaratan umum dan khusus, naskah produk inovatif, ringkasan Karya Tulis Ilmiah (KTI) berbahasa Inggris, video deskripsi diri dan produk, capaian unggulan.
    b. Seleksi Tahap Akhir (Final) meliputi penyajian naskah produk, penilaian presentasi dan diskusi bahasa inggris, wawancara umum dan klarifikasi capaian unggulan.
  2. Seleksi di Tingkat Nasional
    a. Seleksi Tahap Awal meliputi persyaratan umum & khusus, ringkasan Karya Tulis Ilmiah (KTI) berbahasa Inggris, video presentasi berisi deskripsi diri dan ringkasan karya tulis ilmiah/dekripsi produk dalam bahasa Inggris, data Curicculum Vitae (CV) yang membanggakan selama menjadi mahasiswa
    b. Seleksi Tahap Akhir (Final) meliputi penilaian presentasi produk inovatif, penilaian diskusi bahasa inggris, penilaian capaian unggulan, penilaian kepribadian (psikologi)

Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi Jurusan RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang, yang perlu disyukuri, disertai harapan semoga di tahun yang akan datang, mahasiswa Jurusan RMIK lebih meningkat lagi prestasinya dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional di lingkungan Kementerian Kesehatan.