Jurusan RMIK PolKesMar Ditunjuk Sebagai Pusat Uji Coba OSCE Nasional

Semarang – Tim Kerja Fasilitasi Pengelolaan Mahasiswa dan Lulusan Poltekkes Kemenkes Direktorat Penyediaan Tenaga Kesehatan menunjuk Jurusan RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai tempat pelaksanaan Uji Coba OSCE Nasional pada Kamis-Sabtu, 6-8 Juli 2023.

Kegiatan Uji Coba OSCE berjalan tidak lepas dari kegiatan sebelumnya, dimana pada kegiatan sebelumnya membahas mengenai Penyusunan Soal Uji Kompetensi dengan Metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE) yang dilaksanakan secara daring tanggal 3-5 April 2023 dan luring di Aston Imperial Bekasi Hotel tanggal 29-31 Mei 2023. Dari soal yang sudah disusun, perlu adanya uji kelayakan melalui uji coba (try out).

Tujuan pelaksanaan uji try out OSCE adalah menilai kompetensi dan keterampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur. Pada tahun 2023, OSCE Nasional akan mulai diterapkan sebagai salah satu syarat menjadi perekam medis setelah dinyatakan lulus pada ujian OSCE.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Ibu Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes dan dihadiri oleh Wakil Direktur II Poltekkes Kemenkes Semarang (Bapak Dr. Supriyadi, MN), Tim Fasilitasi Pengelolaan Mahasiswa dan Lulusan Poltekkes, Tim Item Development serta seluruh dosen dan pengelola Jurusan RMIK POLKESMAR.

Pelaksanaan Kegiatan Try Out Uji Kompetensi OSCE dikemas dalam 3 hari berturut turut dengan agenda sebagai berikut :

  1. Hari pertama persiapan OSCE Centre/Station, pengecekan soal serta pretest
  2. Hari kedua persiapan soal dan briefing H-1 semua komponen (KOC, Peserta dan PS)
  3. Hari ketiga pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi OSCE, debriefing, dan post test