Pendaftaran Sipenmaru Mandiri Reguler Jalur CBT Telah Dibuka 29 Mei – 21 Juni 2023

Semarang – Tujuan pendidikan vokasi kesehatan adalah untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan kompeten di bidangnya masing-masing. Guna mencapai hal tersebut, Poltekkes Kemenkes Semarang dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi senantiasa berpedoman dengan peraturan perundangan yang berlaku serta secara terus menerus melaksanakan dengan konsisten sistem penjaminan mutu perguruan tinggi baik internal maupun eksternal.

Sistem penjaminan mutu tersebut, dilaksanakan tidak hanya di bidang akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, namun diterapkan juga dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui pola seleksi yang baik, bermutu, transparan dan akuntabel dengan tujuan memperoleh raw input mahasiswa baru yang berprestasi secara akademik.

Sistem penjaringan calon peserta didik Poltekkes Kemenkes Semarang TA 2023/2024 melalui beberapa jalur seleksi seperti :
1. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) melalui Jalur PMDP
2. Seleksi Jalur Umum (SIMAMA)
3. Seleksi Jalur Mandiri Bantuan Pendidikan Bagi Keluarga Tidak Mampu (Bidik Kamu)
4. Seleksi Jalur Mandiri Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dan Jalur Mandiri.

Memasuki Tahun Akademik 2023/2024, Poltekkes Kemenkes Semarang membuka pendaftaran seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) untuk Program DIII serta Program Sarjana Terapan melalui jalur seleksi Mandiri Reguler Jalur CBT bagi calon lulusan SMA/SMK Jurusan IPA dan IPS serta Jurusan SMK yang relevan. Jalur Mandiri adalah seleksi masuk melalui tahapan Ujian CBT (Computer Based Test) yang dilaksanakan secara mandiri oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Seleksi ini dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu :
Tahap I  : Ujian Compter Based Test (CBT)
Tahap II : Verifikasi Berkas dan Uji Kesehatan

Sebelum melakukan pendaftaran online pastikan sudah mengunduh dan memahami Panduan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri Jalur CBT