Apr 20

UCAP JANJI MAHASISWA DAN KULIAH UMUM 2017

ujku

Dalam mewujudkan tenaga kesehatan yang ahli dan terampil serta mengacu pada kurikulum D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang tidak hanya menyelenggarakan proses pembelajaran di dalam kelas, melainkan juga menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswanya. Dengan kegiatan PKL diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilannya melalui praktik secara langsung di sarana pelayanan kesehatan. Kegiatan PKL ini dilaksanakan di Instalasi Rekam Medis pada Rumah Sakit atau lahan praktik.

Sebelum kegiatan praktik dilaksanakan perlu kiranya dilakukan pengambilan sumpah mahasiswa yang disebut bdengan ucap janji mahasiswa yang di dalamnya meliputi kegiatan pengambilan sumpah, penandatanganan sumpah, dan penyematan pin/simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan PKL serta kegiatan kuliah umum sebagai bekal yang diberikan kepada mahasiswa guna memperdalam pengetahuan mahasiswa dibidang pelayanan rekam medis sebelum terjun secara langsung dalam kegiatan PKL.

Sesuai dengan latar belakang tersebut, diperlukan suatu kegiatan ucap janji mahasiswa dan kuliah umum sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pembelajaran praktik kerja lapangan untuk mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang akan berjalan lancar dan efektif serta kompetensi praktik kerja lapangan yang ditempuh mahasiswa dapat tercapai.

Kegiatan ucap janji mahasiswa dan kuliah umum dilaksanakan pada Rabu, 19 April 2017 bertempat di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Semarang dengan mahasiswa yang diambil janji adalah mahasiswa tingkat I yang berjumlah 90 orang yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada bulan Mei nanti. Setelah kegiatan ucap janji mahasiswa, dilanjutkan dengankegiatan kuliah umum yang diikuti seluruh mahasiswa Prodi D III RMIK mulai dari tingkat I, II, III. Topik pada kuliah umum adalah “Peran Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam Melaksanakan Verifikator di Kantor BPJS”. Adapun narasumber pada kuliah umum adalah :

  1. Edy Susanto, SH, S.Si, M.Kes (Ketua Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang) dengan materi “ Profil Lulusan DIII RMIK Poltekkes Kemenkes Kemenkes Semarang”
  1. Elise Garmelia,S.KM,S.Sos, M.Si (Dosen Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang dan Pembina PORMIKI) dengan materi “Peran PMIK dalam melaksanakan tugas sebagai verifikator internal klaim BPJS Kesehatan”
  1. dr. Bimantoro R, AAK (Kepala BPJS Kesehatan KCU Semarang) dengan materi “Peran PMIK dalam melaksanakan tugas sebagai verifikator di kantor BPJS Kesehatan (VEDIKA)”