Mar 30

JUARA 2 INDONESIA MEDICAL RECORD COMPETITION (IMRC) 2017 KATEGORI STATISTIK RUMAH SAKIT

imrc

Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang kembali menambah perbendaharaan prestasi yaitu sebagai Juara 2 lomba Statistik Rumah Sakit yang diselenggarakan oleh Apikes Citra Medika Surakarta pada tanggal 27 Maret 2017. Poltekkes Kemenkes Semarang mengirimkan total 14 perwakilan untuk mengikuti tiga macam lomba yang diselenggarakan yaitu 6 perwakilan untuk perlombaan Statistik Rumah Sakit, 2 perwakilan untuk perlombaan Pemrograman, serta 7 perwakilan untuk perlombaan Manajemen Unit Kerja.

Pada tanggal 22 Maret 2017 telah dilaksanakan seleksi online untuk masing-masing perlombaan. Perwakilan Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang lolos sebanyak 7 peserta yaitu 2 peserta perlombaan Pemrograman (Dito Yogo Waskito dan Habib Abi Maryan), 4 peserta perlombaan Statistik Rumah Sakit (Mika Febriani, Hidayatul Maula, Danik Febri Purbananingrum dan Elli Tiya Maysaroh) serta 1 peserta perlombaan Manajemen Unit Kerja (Yolanda Dinarka Dea).

Pada saat pelaksanaan semifinal, peserta mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha untuk mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Pada pukul 13.00 di umumkanlah 5 peserta yang lolos ke babak final Mika Febriani merupakan satu-satunya peserta statistik rumah sakit dari Poltekkes Kemenkes Semarang yang lolos ke babak final, Yolanda Dinarka Dea merupakan satu-satunya peserta yang mewakili Poltekkes Kemenkes Semarang ke babak final dalam perlombaan Manajemen Unit Kerja, sedangkan untuk perlombaan Pemrograman tidak ada yang lolos ke babak final. Peserta yang masuk final tersebut mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi mengenai soal yang telah dikerjakan pada babak semifinal.

Pada saat presentasi setiap peserta diberikan waktu 15 menit. Peserta yang bersaing dalam final perlombaan Statistik Rumah Sakit yaitu berasal dari Poltekkes Semarang sebanyak 1 peserta, Citra Medika sebanyak 3 peserta dan Poltekkes Malang sebanyak 1 peserta. Sedangkan untuk perlombaan Manajemen Unit Kerja, Yolanda bertarung dengan 3 peserta dari Citra Medika serta 1 peserta dari UGM.
Adapun penguji untuk presentasi babak final tersebut berasal dari Aptirmik (Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan).

Setelah menanti beberapa waktu, diumumkanlah pemenang dari babak final masing-masing perlombaan dengan hasil untuk perlombaan Statistik Rumah Sakit juara pertama diraih oleh Apikes Citra Medika Surakarta, juara 2 diraih oleh Mika Febriani dari Poltekkes Kemenkes Semarang, dan juara 3 diraih oleh Apikes Citra Medika Surakarta. Kemudian untuk perlombaan Manajemen Unit Kerja dimenangkan oleh UGM sebagai juara pertama, dan Apikes Citra Medika Surakarta sebagai juara 2 dan 3. Sedangkan untuk perlombaan Pemrograman dimenangkan oleh Apikes Bandung sebagai juara pertama, Poltekkes Piksi Ganesha sebagai juara 2 dan Apikes Citra Medika Surakarta sebagai juara 3.

Dengan diperolehnya 1 trophy juara 2 lomba Statistik Rumah Sakit ini diharapkan Poltekkes Kemenkes Semarang senantiasa meningkatkan kualitas mahasiswa maupun dosen agar mampu bersaing dan bertanding lebih baik lagi pada perlombaan-perlombaan mengenai Rekam Medis dan Informasi Kesehatan baik itu lokal maupun nasional.