Ucap Janji dan Kuliah Umum Mahasiswa 2022

Semarang – Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yakni dengan cara meningkatkan ketrampilan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam pemanfaatan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital sangat penting bagi institusi pendidikan DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, mengingat pada era transisi dari analog menjadi digital ini akan mengalami perubahan menjadi full digital dan online setelah datangnya pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan makin pesatnya era digitalisasi pada revolusi industri 4.0.

Dalam mewujudkan tenaga kesehatan yang ahli dan terampil serta mengacu pada kurikulum DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang tidak hanya menyelenggarakan proses pembelajaran di dalam kelas, melainkan juga menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswanya. Kegiatan PKL diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa melalui praktik secara langsung di sarana pelayanan kesehatan. Kegiatan PKL ini dilaksanakan di Instalasi Rekam Medis pada Rumah Sakit atau lahan praktik.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa bagi mahasiswa tingkat 1, Jurusan RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang akan mulai menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan secara luring pada tanggal 23 Mei – 18 Juni 2022. Oleh karena itu sebelum dilaksanakannya PKL, dilakukan kegiatan Ucap Janji Mahasiswa. Ucap Janji ini bertujuan agar dalam melaksanakan PKL nantinya mahasiswa dapat memegang teguh norma etika sebagai mahasiswa praktikan, menghormati hak pasien, serta menjaga nama baik almamater selama praktik di lapangan.

Ucap Janji Mahasiswa diikuti oleh mahasiswa tingkat 1 sebanyak 149 mahasiswa dimana terdapat perwakilan 30 mahasiswa yang mengikuti kegiatan secara luring dan 119 mahasiswa secara daring. Serta diikuti oleh mahasiswa kelas RPL sebanyak 48 mahasiswa dimana terdapat perwakilan 3 mahasiswa yang mengikuti kegiatan secara luring dan 45 mahasiswa secara daring.

Selain Ucap Janji Mahasiswa, Jurusan RMIK menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan Tema “Optimalisasi Kompetensi PMIK dalam Mendukung Program Transformasi Kesehatan Digital“.

Kuliah Umum akan diisi oleh 2 narasumber yang ahli di bidang Transformasi Kesehatan Digital yaitu Bapak Tedy Hidayat, S.ST, M.MRS (Ketua DPP PORMIKI) yang akan menyampaikan materi tentang “Standar Rekam Medis Elektronik (RME) dalam Transformasi Digital” dan Bapak Roni Rohman, A.Md.PK (Ketua DPD PORMIKI Jawa Tengah) yang akan menyampaikan materi tentang “Upgrade Kompetensi PMIK dalam Menyongsong Transformasi Kesehatan Digital”.