Ucap Janji dan Kuliah Umum

UCAP JANJI MAHASISWA DAN KULIAH UMUM

“JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERBASIS GROUPER INA-CBG’s

JURUSAN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

ucap janji 2

SEMARANG. Ucap janji mahasiswa dan kuliah umum merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang sebelum mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran klinik. Kegiatan ucap janji mahasiswa dan kuliah umum tersebut diselenggarakan sebagai prosesi persiapan dan pembekalan  mahasiswa tingkat I semester II sebelum terjun di lahan praktik. Pada tanggal 4 Juni 2015 diselenggarakan ucap janji mahasiswa dan kuliah umum Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang bertempat di Gedung Auditorium Poltekkes Kemenkes Semarang Jl. Tirto Agung Pedalangan Banyumanik Semarang.

Ucap janji mahasiswa dan kuliah umum Jurusan RMIK diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat I, II, dan dihadiri oleh Direktur Poltekkes Semarang, Ketua Jurusan RMIK, Sekretaris Jurusan RMIK, Para Ketua Jurusan dan Para Ketua Program Studi di lingkungan Poltekkes Semarang, Dosen Jurusan RMIK, Ketua DPD PORMIKI Jateng, Ketua BAKORMA Jurusan RMIK, Clinical Instructur dari lahan praktik, dan Pengelola Jurusan RMIK. Setelah prosesi ucap janji mahasiswa selesai, dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh narasumber Bapak Ahmad Danuri, A.MdPK, SKM selaku Tim Case Mix RSUP Kemenkes RI dengan topik “Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Berbasis Grouper INA-CBG’s”

Kegiatan ini dimeriahkan oleh penampilan seni tari gambyong oleh mahasiswa tingkat II, dan paduan suara Harmony of Medical Record Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang membawakan lagu untuk menyemarakkan suasana. Dalam kegiatan ini diberikan pula penghargaan kepada mahasiswa berprestasi peringkat 1, 2, dan 3 pada Tingkat I dan Tingkat II.

ucap janji 3

IMG_8016

Dalam sambutan Direktur Poltekkes Semarang, beliau menyampaikan selamat atas prestasi-prestasi yang diraih oleh mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan serta memberikan arahan dan himbauan agar mahasiswa cepat beradaptasi dengan pembelajaran di perguruan tinggi supaya mendapatkan prestasi belajar yang baik. Direktur Poltekkes Semarang mempunyai harapan agar seluruh mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dapat menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas, menjadi teladan yang baik dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

IMG_7981

Pada penyampaian laporan pendidikan, Ketua Jurusan RMIK memaparkan tentang profil Jurusan RMIK, visi, misi, tujuan pendidikan dan sasaran mutu Jurusan RMIK, Ratio penerimaan mahasiswa, proses dan hasil pembelajaran serta pencapaian sasaran mutu sampai dengan TA. 2014/2015. Dalam laporan pendidikan juga dipaparkan kegiatan yang sudah diselenggarakan serta kegiatan dan prestasi yang telah diraih mahasiswa Jurusan RMIK.

Mas dan Mbak RMIKPada tanggal 21 Maret 2015 Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan pemilihan Mas dan Mbak Poltekkes Kemenkes Semarang. Mas dan Mbak Poltekkes Kemenkes Semarang ditunjuk sebagai duta kampus untuk memperkanalkan Poltekkes Kemenkes Semarang ke publik. Dalam penyelenggaraan yang pertama kalinya ini, Mas dan Mbak Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan atas nama Toro Eko Herliantoro dan Vini Eka Yusni Talia terpilih sebagai Mas dan Mbak Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2015.juara 1

Prestasi yang membanggakan di tingkat nasional yang baru saja diraih adalah Juara 1 Ganda Campuran kategori Medical Record Coding Competition (MR.CC) pada Olimpeade Rekam Medis Indonesia (ORI) 2015 pada 23-24 Mei 2015 yang diselenggarakan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada Yogjakarta. Prestasi tersebut dipersembahkan oleh Achmad Wasi’an Rozaqi dan Monica Chandra Prasdika mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Semarang semester IV.

IMG_7994

Penandatanganan naskah ucap janji oleh perwakilan mahasiswa tingkat I semester II, Ketua Jurusan RMIK, dan Direktur Poltekkes Semarang. Dengan ditandatanganinya naskah tersebut maka mahasiswa siap mendarmabaktikan ilmunya untuk manusia, melaksanakan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab, menjaga kerahasiaan informasi pasien, menghormati dosen dan pembimbing serta menjunjung tinggi nama almamater.

IMG_7997

Penyematan pin sebagai simbolis tanda dimulainya kegiatan Praktik Kerja Lapangan oleh Direktur Poltekkes Semarang didampingi Ketua Jurusan RMIK kepada perwakilan mahasiswa tingkat I semester II dan diikuti seluruh mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Dengan demikian mahasiswa sudah siap terjun ke lahan praktik dan siap melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.