Ucap Janji dan Kuliah Umum

Semarang – Jurusan RMIK saat ini mengimplementasikan kurikulum tahun 2019 yang lebih menekankan pada keterampilan mahasiswa dimana persentase praktik dan klinik lebih banyak daripada teori. Kemampuan klinik mahasiswa dapat diasah melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang dilaksanakan sebanyak 5 kali selama menempuh pendidikan D3 RMIK.

Dalam masa pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 yang lalu, Jurusan RMIK masih sulit untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan di lahan praktik dimana pihak lahan praktik belum mengijinkan mahasiswa untuk melakukan praktik di lapangan. Namun mulai tahun 2021 ini dimana kasus Covid-19 sudah menurun dan telah diterapkannya Adaptasi Kebiasaan Baru, mahasiswa mulai diperbolehkan untuk PKL dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa bagi mahasiswa tingkat 1, Jurusan RMIK Poltekkes Kemenkes Semarang akan mulai menyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan secara luring pada tanggal 7 – 26 Juni 2021. Oleh karena itu sebelum dilaksanakannya PKL, dilakukan kegiatan Ucap Janji Mahasiswa. Ucap Janji ini bertujuan agar dalam melaksanakan PKL nantinya mahasiswa dapat memegang teguh norma etika sebagai mahasiswa praktikan, menghormati hak pasien, serta menjaga nama baik almamater selama praktik di lapangan.

Ucap Janji Mahasiswa diikuti oleh mahasiswa tingkat 1 sebanyak 149 mahasiswa dimana terdapat perwakilan 10 mahasiswa yang mengikuti kegiatan secara luring dan 139 mahasiswa secara daring.

Selain Ucap Janji Mahasiswa, Jurusan RMIK menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan Tema “Implementasi SIMRS dalam Pelayanan Kesehatan”.

Kuliah Umum akan diisi oleh 2 narasumber yang ahli di bidang SIMRS yaitu Bapak Arief Kurniwawan, A.Md, SKM, MPH (Dosen SIMKES UGM) yang akan menyampaikan materi tentang “Implementasi SIMRS melalui Cloud Based Technology” dan Bapak Roni Rohman, A.Md (Ketua DPD PORMIKI Jawa Tengah) yang akan menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan SIMRS dalam Menghasilkan Informasi Kesehatan yang Bermutu”.

Kuliah Umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan RMIK tingkat 1, 2 dan 3 sebanyak 347 mahasiswa