Pengabdian Kepada Masyarakat Kelurahan Jabungan

Program pemerintah dalam pembangunan kesehatan merupakan suatu upaya yang harus didukung oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini adalah perubahan pola penyakit (transisi epidemiologi) yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, penyakit jantung, diabetes mellitus, dan sebagainya. Beberapa dampak yang diakibatkan oleh meningkatnya angka kejadian PTM antara lain meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktivitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Penelitian sebelumnya dilaksanakan di Kelurahan Meteseh sebagai sampel masayarakat yang menggunakan Rekam Medis Personal. Oleh karena itu, dalam pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan di Kelurahan Jabungan. Kelurahan Jabungan merupakan Kelurahan binaan Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Selain itu, di Kelurahan Jabungan juga telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan penghitungan Indeks Keluarga Sehat (IKS) pada tahun 2019. Dengan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat tentang implementasi rekam medis personal ini, diharapkan dapat meningkatkan IKS masyarakat di Kelurahan Jabungan.

Bulan Maret 2020 Indonesia telah dijangkiti Pandemi Covid-19. Virus ini menyerang sistem pernapasan manusia yang berdampak fatal hingga menyebabkan kematian. Data yang diperoleh hingga kini sudah mencapai lebih dari 20.000 kasus positif. Selain itu, penyakit ini telah menyebabkan lebih dari 1.000 kasus kematian. Untuk menghindari penyakit tersebut, pemerintah telah mengeluarkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mencegah penyebaran virus. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain dengan menggunakan masker apabila berada di luar rumah, sering melakukan cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan aktivitas, serta menjaga jarak.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk pencegahan covid-19 perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, melalui pengabmas ini pula akan dilakukan sosialisasi bagaimana pencegahan covid-19 dan pemanfaatan rekam medis personal dalam rangka mendukung upaya pencegahan covid-19.

Khalayak sasaran yang ada pada pengabmas ini adalah masyarakat di Kelurahan Jabungan yang merupakan wilayah binaan Poltekkes Kemenkes Semarang.